Cermin dunia: Anda adalah apa yang Anda pikirkan

Dunia adalah cermin. Ia akan merefleksikan setiap apa yang Anda berikan padanya. Bagaimana pandangan Anda terhadap diri Anda sendiri dalam dunia ini, maka akan seperti itu jugalah dunia melihat Anda. Bagaimana Anda bersikap terhadap dunia ini, maka ia akan memberikan hal yang sama terhadap Anda. Jika Anda menganggap diri Anda bodoh dan akan gagal dalam melakukan sesuatu, maka bisa dipastikan 50% memang begitu. Sebaliknya jika Anda berpikiran dan yakin akan berhasil, maka Anda telah mencapai 50% jalan keberhasilan tersebut. Anda adalah apa yang Anda pikirkan!

Ada kisah seorang pengembara yang sebelum masuk kesuatu perkampungan bertemu dengan seorang sok bijak yang bernama Rian. Ia bertanya, “Apakah orang di desa ini baik dan ramah Pak Tua?”.
“Memangnya bagaimana dengan orang di tempat tinggalmu dahulu Anak Muda?”, kata orang yang dipanggil Pak Tua tsb.
“Ditempat tinggal saya dulu mereka jahat, tidak ramah, dan seperti memusuhi saya”
“Kalau begitu, di desa ini tidak ada orang yang lebih baik dari orang-orang desamu dahulu”, balas Pak Tua
Si pengembara pertama pun sedih, pamit pada si orang sok bijak yang bernama Rian, dan pergi melanjutkan pengembaraannya mencari desa berikutnya.

Berikutnya datang pengembara kedua yang mengajukan pertanyaan yang sama pada si orang sok bijak yang bernama Rian. Namun, ketika ditanya bagaimana orang desanya terdahulu, ia menjawab,
“Pada dasarnya mereka ramah-ramah, baik, dan peduli dengan sesama. Saya akan sangat senang jika saya bisa menemukan orang-orang seperti mereka di desa ini”
Si orang sok bijak yang bernama Rian itu pun tersenyum, dan berkata “Kalau begitu, kamu akan kembali menemukan orang-orang seperti mereka di desa ini, Anak Muda”. Pengembara kedua senang dan dengan ringan melangkahkan kakinya memasuki desa tersebut.

Si pengembara pertama menganggap orang disekelilingnya sebagai musuh, maka lama kelamaan begitulah adanya. Kemana pun dia pergi, selama dia masih berpikiran seperti itu, dia tidak akan menemukan orang yang lebih sempurna. Dan sebaliknya dengan si pengembara nomor dua.

Hal ini juga mirip dengan kasus nyata di kampus saya. Ada seorang dosen yang menganggap dirinya dimusuhi oleh dosen-dosen lain. Di kelas, dia selalu curhat dan berkata bahwa dia tidak dendam atau semacamnya, tapi tetep aja menceritakan bagaimana semena-menanya mereka(itu mah, masih dendam namanya Pak…). Namun, pada saat saya perhatikan keadaan lingkungan sepertinya baik-baik aja. Tidak ada tanda-tanda permusuhan dari orang-orang yang beliau sebutkan. Semuanya aman, damai sentosa. Mungkin jika berpikiran sedikit lebih positif, beliau akan mendapatkan feedback yang lebih baik.

Semoga kita semua terhindar dari pemikiran-pemikiran negatif seperti itu. Semoga… 🙂

================================================

Akhir postingan ini ()

================================================

Iklan

2 Responses to “Cermin dunia: Anda adalah apa yang Anda pikirkan”


  1. 2 Me Mei 7, 2008 pukul 3:32 pm

    Yaare..yare (`_’!)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




WELCOME TO MY PLACE!
Selamat datang di tempat saya. Mudah-mudahan Anda bisa menemukan apa yang Anda cari (walau ga da papa disini). Jika Anda tidak terlalu sibuk, tolong tinggalkan "sesuatu" (baca: comment). Soal isi, maaf baru dikit. Saya lagi belajar ngutak-atik WP ini

RianLendar

April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

PostLendars teratas

Jml tamu sampai saat ini :

  • 35,039 tamu
RELATIONS :










%d blogger menyukai ini: