Apa masalah Anda??

AAAAAAAAARRRRGGHH!! Siapa yg senang masalah?? (haha… pertanyaan macam apa ini). Dari dulu sampai sekarang, saya selalu menginginkan sebuah komputer tp ga pernah kesampaian. Menurut saya itu sebuah masalah. Suatu hari seorang teman curhat ke saya, katanya dia menyukai seseorang, tapi si cewe ga kenal ama dia (dan dia pun menganggap hal tsb masalah). Nah… apakah masalah itu?? Saya tau bhw saya bukanlah orangtua bijak yang sok tau tentang segalanya. Saya juga belum banyak mencoba manis gula, pahit obat, dan asam garam kehidupan. Saya hanyalah anak kecil yg baru mulai belajar…. (haalah 🙂 )

Baru2 ini saya menerima kuliah yang sangat inspiring ttg masalah (problems), saya setuju dan berpikir mungkin hal ini akan berguna untuk orang lain… (siapkan teh, ama kacang goreng sebelum membaca!) Mungkin ini akan sedikit lama…hehe 🙂

 

Problems dpt didefinisikan sebagai perbedaan (distance) antara keadaan ideal dengan keadaan sebenarnya. Saya yg ingin punya komputer sendiri, namun pada kenyataannya tidak. Teman saya yg menyukai seseorang, namun tidak sebaliknya (maaf jika ada yg tersinggung, hehe…), dan mungkin…… Anda yang ingin selalu berada di posisi atas roda nasib, namun pada kenyataannya Anda malah kelindes tidak! 🙂

Naik turun tangga

Nah dari perspektif tersebut, ada dua cara memperpendek jarak tsb. Berusaha menjangkau keadaan ideal Anda, atau mengeset keadaan ideal tsb serendah mungkin sehingga mudah digapai (ga ada yg mau kayaknya ya…:) )

Ketika seseorang bilang bhw dia telah memecahkan suatu masalah, maka yg sebenarnya yang telah dilakukannya adalah memperpendek jarak antara keadaan ideal dengan kenyataan. Semakin pendek jaraknya berarti semakin sempurna masalah tersebut terselesaikan.

Pada kasus saya, saya mungkin akan meminjam komputer pada teman, menggunakan komputer kampus, nge-rental komputer, dll utk memecahkan masalah saya sehingga saya tetap bisa menggunakan komputer (walaupun maunya sih, kompie tsb milik saya sendiri…. Hiks! (+_+ ) ) Sedang pada kasus teman saya, mungkin saja dia akan mengagumi si do’i secara diam2, mengkoleksi fotonya, atau melakukan hal2 lain yang lebih ekstrim, untuk tetap merasa sedekat mungkin dg orang yang dia cintai. (kok kayak drama Korea ya…? 🙂 )

Perpendek gapnya!

Masalahnya…. masalah tidak akan pernah selesai karena (menurut Om Deking) saya manusia ga pernah puas. Sekali keadaan ideal (hampir) terpenuhi, maka saya manusia akan menginginkan sesuatu yg lebih. Abis 1 istri, selanjutnya 2……. Abis 2, 3 (ya, iya laah)!….. Abis hp, berikutnya laptop!

(Walaupun ga selamanya hal ini jelek sih! Dunia perindustrian contohnya, sifat tsb berguna untuk melakukan continuous improvement, seperti yg dicoret Kang Heri di blognya). Jadi….

 

 

“Life is about solving problems”

 

Kita perlu memecahkan suatu masalah dengan cepat agar kita bisa berkonsentrasi pada masalah berikutnya. Mungkin juga bisa dibilang bahwa orang yang paling panjang umurnya adalah orang yang paling banyak memecahkan masalah selama hidupnya (dengan baik). Bobotnya akan berbeda dari org lain.

 

Setiap hari, setiap orang belajar dari masalah2 tsb dan membuat mereka semakin matang tanpa mereka sadari (ada juga sih….. pengecualiannya, hehe!). Namun jika hal tsb bisa menghasilkan sesuatu yang positif dan bisa menjadikan kita menjadi lebih baik, mengapa harus takut terhadap masalah yg ada didepan hidung sendiri??

 

Saya sih ga tau gimana kebanyakan orang, tapi berdasarkan pengalaman saya yang masih seumur jagung, rasa takut tersebut datangnya dari kebodohan ketidaktahuan saya terhadap masalah yg dihadapi.

 

Contohnya suku tertentu yang menyembah petir. Mereka menyembah karena takut, mereka takut karena mereka ga tau apa itu petir (contohnya ga nyambung ya??).

OK, anak murid yg takut ama matematika deh! Mereka takut dikasih PR yg susah2 karena mereka ga ngerti gmn mau ngerjainnya. Jika ngerti, mungkin responnya akan menjadi beda (lebih tertantang, misalnya). Kalau masih ga juga… itu sih malas namanya, Nak! 🙂

Contoh berikutnya mungkin… orang takut ama hantu. Mereka takut karena ga tau hantu itu apa & gimana. Kalo mereka tahu yaaa… lari tunggang langgang! Bwaahahahaha…. (Becanda deng)! *yg ini pengecualian*

 

Jadi intinya… jika Anda menghadapi sebuah masalah besar (menurut Anda), definisikan (kenali) masalah tersebut “apa sih sebenarnya yg saya takutkan??”, maka mungkin Anda akan menemukan bahwa masalah yg Anda hadapi tsb tidak sebesar yang Anda bayangkan. Lalu berusahalah untuk mengatasi memperkecil masalah tersebut (karena pada dasarnya, masalah akan selalu ada)

 

 

“a problem that is well defined is 99% solved”

Japanese Proverb

 

 

Cukup sekian dari saya kayaknya Bapak2, Ibu2…. Saya mau coba mengaplikasikannya ke kehidupan saya dulu. Mudah2an berguna! 🙂 🙂

 

===============================================================

Akhir postingan ini….. fiuuhh! (u_u )

===============================================================

Iklan

9 Responses to “Apa masalah Anda??”


  1. 1 deKing April 2, 2007 pukul 11:05 pm

    Tulisan yang bagus siipp…
    Seperti besi yang bisa menjadi lebih kuat ketika dia dipanaskan (ditempa?)…
    Begitu juga manusia, IDEALNYA dengan menghadapi masalah maka manusia tsb menjadi semakin bagus. Tetapi manusia memang berbeda dengan besi karena manusia bisa menjadi lebih baik jika dia bisa menyikapi dan menyelesaikan masalah dengan tepat.

    Problems dpt didefinisikan sebagai perbedaan (distance) antara keadaan ideal dengan keadaan sebenarnya

    Mungkin perlu ditambahkan kalau masalah itu bersifat lokal dan relatif bagi masing-masing kelompokorang/pihak tertentu.

  2. 2 kangguru April 3, 2007 pukul 10:33 am

    masalahnya eh anu
    saya ngak tahu apa yang jadi masalah saya

  3. 3 Heri Heryadi April 3, 2007 pukul 3:01 pm

    O jadi ini yang lu sembunyiin sampe ga mau diperlihatkan sama gw kemarin, sampe gw intip2 tapi tetep ga dikasih liat..Btw, muka lu emang muka bermasalah. syukur deh kalo nyadar.
    Btw lagi, ini merupakan tulisan pertama lu yg bobotnya rada2 lumayan. Gw juga baru tahu kalo suku lo ternyata juga menyembah petir, pantesan namanya rianlendar, rada2 mirip halilintar gitu ya.. 😉

    (Btw, gw ngasih koment dari perpus pusat. Ada kompi pentium 4 tergeletak begitu saja di belakang rak buku2 komputer. Karena ga nyala ya gw iseng nyalain, eh ternyata bisa. bisa internet juga, haha..i’m lucky right. padahal lab MIS lagi dipake ujian ekotek dan elo lg pergi ke gramed, hehe.. )

  4. 4 brianari April 5, 2007 pukul 9:37 am

    @deKing :
    Wah, makasi Pak Guru!
    Ya, kira2 seperti itulah. Tapi kebanyakan manusia kadang ga sadar/ga terima bhw dia sedang “ditempa” Pak.(pengalaman sendiri, hehe) 🙂

    masalah itu bersifat lokal dan relatif bagi masing-masing kelompok orang/pihak tertentu

    hmmm…. boleh juga tuh. Ntar saya masukkan ke kamus kehidupan saya ah, hehe… Makasih Pak!

    Salam buat anak didiknya, semoga mereka menyukai pelajarannya Pak Guru 🙂

  5. 5 brianari April 5, 2007 pukul 9:55 am

    @kangguru :
    bwahaha….. itu memang masalah semua orang kang!
    btw, ga usah dipikirin, ntar masalah itu pasti datang dg sendirinya Kang! Bersiap2 ajah! 🙂

    @Heri Heryadi:
    Ya iya laaa disembunyiin! (gw kan niru elu, sadar doong!) \\(`o’#)

    Btw lagi, ini merupakan tulisan pertama lu yg bobotnya rada2 lumayan.

    … lu kayak komentator lomba apaa, gitu!
    Btw, gw bikin blog bukan bwt bagus2an atau apa *jg bukan bwt lomba* !
    Ga tw itu pujian atau sebaliknya… but I’ll take that as a compliment. Thx

    Ada kompi pentium 4 tergeletak begitu saja di…..

    Gw ngerti kok! lu emang g pernah tahan melihat sesuatu yg tergeletak begitu saja! Gw ngerti… gw ngerti… (dan gw ga bakal bilang sapa2, OK!?) ;-p

  6. 6 deKing April 6, 2007 pukul 4:28 am

    Kayaknya gak cuma suka sama pelajarannya saja dech hehehe…
    Saya ini kan seorang guru muda yang masih lajang dan baik hati,raji menabung, disiplin berani dan setia hehehe

  7. 7 deKing April 6, 2007 pukul 4:29 am

    Ralat hehehe…

    Salam buat anak didiknya, semoga mereka menyukai pelajarannya Pak Guru

    Kayaknya gak cuma suka sama pelajarannya saja dech hehehe…
    Saya ini kan seorang guru muda yang masih lajang dan baik hati,raji menabung, disiplin, berani dan setia hehehe

  8. 8 brianari April 9, 2007 pukul 11:18 am

    hehe… promosi ni yeee!??

  9. 9 camagenta April 26, 2007 pukul 7:32 am

    Persis kek kuliah anapersis. Analisa Perancanagan Sistem, tapi mnurutku kadang jadi kudu diganti tugh MK. Ganti namanya jadi “Belajar mengenali masalah tanpa masalah”. Hi hi… jadi pegadaiannya kek na :p


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




WELCOME TO MY PLACE!
Selamat datang di tempat saya. Mudah-mudahan Anda bisa menemukan apa yang Anda cari (walau ga da papa disini). Jika Anda tidak terlalu sibuk, tolong tinggalkan "sesuatu" (baca: comment). Soal isi, maaf baru dikit. Saya lagi belajar ngutak-atik WP ini

RianLendar

April 2007
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Jml tamu sampai saat ini :

  • 35,102 tamu
RELATIONS :










%d blogger menyukai ini: